Tips Kece Buat Emak Yang Punya Penghasilan Dari Internet

by - October 04, 2017

Emak pernah nggak merasa dipandang sebelah mata oleh orang-orang lantaran memilih untuk menjadi ibu rumah tangga?. Terlebih lagi bagi emak yang lulusan sarjana bahkan lulusan universitas ternama.
“Lho kok dirumah saja”
atau,
“sayang dong dengan Ijazahnya”
atau lagi
“ bentar lagi ada test PNS tuh, nggak mau nyoba ikut test”.
Mungkin sering ya Mak, termasuk saya. Padahal, dengan memilih menjadi seorang ibu rumah tangga, ada beberapa emak yang mengalami pergolakan bathin yang panjang, hingga akhirnya memutuskan berdamai dengan kenyataan.  Siapa sih yang tidak ingin menjadi wanita karier, dandan cantik, harum dan memakai  blazer setiap pagi juga bertemu dengan banyak orang? Bukankan itu impian semasa kuliah dulu. Lulus dengan nilai baik dan mendapatkan pekerjaan sesuai bidang keahlian yang dimiliki.  Barangkali jika ditanya pada setiap mahasiswi sekarang tentang rencana selepas wisuda, maka pasti kebanyakan akan menjawab berkarier dulu, akan sedikit yang menjawab ingin menjadi ibu rumah tangga.
***
 Sebagai penghuni perumahan baru, tentu kami warga perumahan sangat senang jika rumah – rumah kosong mulai di huni oleh pemiliknya. Suatu hari ada keluarga muda yang baru menempati perumahan dimana saya tinggal. Sebagai tetangga yang yang baik saya pun menyapa dan mengajak ngobrol Ibu muda tersebut. Singkat cerita bahwa tetangga saya ini berprofesi sebagai seorang dosen. Tanpa sadar saya pun bercerita bahwa saya lulusan kampus ini dst. Lalu si tetangga ini mengatakan;
“ummi (begitu sapaanya kepada saya) sayang dong ijazahnya”
“nggak coba untuk ngajar lagi” lanjutnya.
Saya pun hanya tersenyum getir, tak mungkin pula saya jelaskan alasannya secara panjang lebar, atau mau bilang walau dirumah saya juga punya penghasilan. Ah barangkali karena saya sehari-hari hanya memakai gamis dan jilbab kaos, sehingga orang beraanggapan begitu. Padahal saat itu jadwal saya dari pagi hingga malam bisa dikatakan padat. Pagi – sore malam saya membuka bimbel dirumah, kemudian nyambil ngeblog dan terima orderan privat blog dan desain blog secara online.Yaah, walaupn penghasilan dari rumah belum bisa  menyaingi pengahasilan wanita kantoran saat ini, tapi bagi saya itu sudah lebih dari cukup karena walau dari rumah masih tetap produktif.

Baca Juga :
BUNDA AJARKAN ANAKMU UNTUK BERKARYA (Part 1)
BUNDA AJARKAN ANAKMU UNTUK BERKARYA (PART 2)

Pernah lagi saat idul fitri keponakan jauh (anak sepupu saya) berkunjung, karena penganten baru dia datang bersama istrinya. Istrinya tersebut lulusan SMF (Sekolah Menengah Farmasi), entah kenapa saya iseng bertanya, “waah lulusan farmasi, sayang dong nggak lanjut kuliah”
Tetiba sikeponakan ini menjawab :
 “ buat apa kuliah, nanti bakalan kedapur juga”
Mak Jleb, saya pun tertohok. Kemudian mengalihkan pembicaraan. Menurut  saya kuliah itu bagi seorang wanita itu penting, karena dia yang akan menjadi guru pertama bagi anak-anaknya. Di era digital ini, banyak kok pekerjaan yang hanya dikerjakan dari rumah tanpa memerlukan kantor dan  karyawan. Seperti penulis, online shop, blogger dan lainnya
Nah, mak agar emak tidak bernasib sama seperti saya, yuk simak tips kece agar emak tetap kelihatan fress layaknya wanita kantoran. Oh iya sebelumnya nih,  beberapa tahun lalu saya nonton siaran pemilihan blogger terbaik ditelevisi. Ada parodinya yang diperankan oleh Mumu sang artis wanita, ada cuplikan parodi jika si Mumu sudah dandan rapi dikamar seperti mau ke kantor, tiba di teras rumah, duduk dibangku teras lalu nyalakan laptop ;-) J, apa barangkali emaks yang kerja online harus begitu yaa J .
Yusk ah mak simak tips berikut ini :
Pertama : Atur jadwal harian dan disiplin. Mereka yang kerja kantoran tentu telah punya jadwal sendiri dari pergi kantor hingga pulang kantor. Namun emak yang kerja dari rumah juga tetap mesti disiplin dengan jadwal harian, seperti jam berapa mulai membuka laptop (atur durasinya) agar tidak terbengkalai dengan pekerjaan rumah.
Kedua : Usahakan selesai pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci selesai sebelum jam sembilan pagi (untuk emak yang punya anak usia sekolah)
Ketiga : Mandi pagi setiap  hari dan berpalaianlah yang rapi (jaga penampilan)
Kempat : Jaga pola hidup sehat
Kelima : jika dirasa penghasilan dari online cukup menjanjikan dan sedikit menyita waktu, gunakan jasa pembantu jika diperlukan.

Kelima : Gunakan waktu akhir pekan buat keluarga.

Tulisan ini diikut sertakan dalam One Day One Posting Blogger Muslmah Indoensia 
#ODOPOKT3

You May Also Like

4 komentar

  1. Iya ya kaadang jadi ibu rumah tangga aja sering diremehin sama orang. belum pada tau aja kalau bukibuk udah kerja onlen penghasilannya bisa lebih bbanyak dr yang kerja :D Ihiiiy

    ReplyDelete
    Replies
    1. wanita di jepang bangga menjadi ibu rumah tangga :-)

      Delete
  2. Nice tips, segera dipraktikkan ;)

    ReplyDelete
  3. Tipsnya oke...
    Kalau saya Mbak..sering diajak ngobrol ibu-ibu bekerja..dikasih tahu kalau kuliah itu begini begitu..dikiranya saya nggak sekolah sampai tinggi seperti dia, karena saya ibu rumah tangga...Saya sih iya iya saja..walaupun dalam hati, jangan nilai orang dari luarnya saja haha

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Kunjungannya