Ogura Batam : Cake Zaman Now Dan Kisah Sedih Dibaliknya

by - October 24, 2017

Foto : rahayuasda
Karena sedang hamil muda selera saya pun kepengen yang macam-macam. Apalagi gaweannya tiap hari melototin facebook, lihat orang yang posting berbagai macam cake kekinian, lidah saya ngiler pula dibuatnya (alasan .. wkwkwk :-P :-P ). Biasanya saya suka makanan gurih, namun sejak hamil ini saya jadi suka yang manis-manis, haduuh…Semoga jabang bayi pas lounching kedunia manis juga kayak emaknya J J  . Karena sekarang lagi booming cake dengan brand artis ternama, Kota Batampun ikut kecipratan. Ada dua cake oleh – oleh khas Batam, yang pertama Zapin cake  brand nya Andika Pratama dan Istri, bisa nyimak review saya di sini Kemudian Ogura Batam ini brandnya Zaskia Sungkar.
Saya tuh kan nggak bisa kemana-mana, tapi kalau selera sukanya kemana-mana ha ha. Pucuk dicinta ulampun tiba, rezekinya jabang bayi ini. Pas kakak saya mau hanting ke Singapore lewat Batam, saya tak lupa lah nak titip itu kue. Maka dibawanyalah oleh-oleh cake ogura dengan empat varian rasa. Ehh, wait ya, sebelum saya kasih testimoni tentang Ogura Batam ini, saya mau cerita sedikit tentang asal muasal nama Ogura. Jika kita lihat sepintas, nama Ogura mirip dengan bahasa Jepang sehingga banyak yang bilang resep cake ini berasal dari Jepang. Namun setelah saya serching di google maka saya dapatlah kisah tentang Ogura yang mengharu biru.
Menurut berbagai sumber, Ogura cake itu pertama kali berasal dari Batu Pahat Malaysia. Menurut cerita, ada seorang istri yang ditinggal suaminya berangkat ke Jepang. Sang suami bernama Ogura karena berkebangsaan Jepang. Untuk mengobati kerinduan kepada sang suami maka dibuatlah cake lembut dan diberi nama Ogura. Namun lama tak ada kabar, rupanya sang suami telah meninggal dunia tanpa sebab yang jelas. Kisah ini tersebar luas hingga Ogura Cake ini begitu popoler di Malaysia dan sampai kenegeri Cina. Di Cina Ogura cake punya versi tersendiri dan diberi nama xiang si dan gao yang artinya “Lovesick Cake”.
Setelah baca kisahnya, saja jadi berlinangan air mata memakan cake Ogura ini, haduuh mengapa lebay pula ini.   Seperti nama dan sejarahnya yang dibuat dengan kelembutan hati atas nama kerinduan kepada sang suami. Cake Ogura ini sekilas mirip bolu, namun kue ini terasa lembut ketika disantap. Ditambah dengan selai yang ada didalam cake menambah cita rasa cake ogura ini. Ogura Batam mempunyai lima varian rasa : durian, cokelat, chese, red velved dan green tea. Waktu saya mendapatkan oleh-oleh ini  ada empat varian rasa yang dibawa, kecuali duriannya. Seperti yang saya bilang ada lelehan selai didalamnya. Pada varian cokelat sangat teras lumeran cokelatnya. Begitu juga dengan yang lain.
Jika pengen icip – icip bisa datang datang langsung ke outled ogura di  di Toko Batam Ogura, Komplek Lumbung Rezeki Blok D No. 2, Nagoya, Batam. Tempatnya tidak jauh dari Nagoya Hill Mall. Soal harga kisaran 55  hingga 60 ribu rupiah. Selamat icip-icip ya guys.


You May Also Like

9 komentar

  1. tinggalkan komentar di kolom komentar Yess

    ReplyDelete
  2. Wah bunda slamat ya buat kehamilannya. Smga bunda dan dedenya sehat2 ya ��

    ReplyDelete
  3. Ngiler sama Ogura Cake.Harus beli 3 nih, karena selera serumah beda-beda. Saya dan suami durian, anak-anak red velvet dan green tea :D

    Baru tau cerita tentang latar belakang Ogura..hiks, kasihannya...

    ReplyDelete
  4. selamat atas kehamilannya ya mbak, smoga dimudahkan dan dilancarkan sampai melahirkan.

    Rindu bagi koki bisa jadi roti, rindu bagi penulis bisa jadi royalti ya mbak...hehehe

    ReplyDelete
  5. Kakak Sampai baper gitu makannya..

    ReplyDelete
  6. ini cake kekinian punya artis siapa mba? jadi ngiler juga deh.
    baru tahu ya ternyata ogura punya cerita yang menyayat hati :')

    ReplyDelete
  7. Aahhh jadi ngileerrrr... :D

    ReplyDelete
  8. alamak....lamaknyo lai...kirim dong ni kesini.hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bisa met, ntar pas sampai berjamur karena lama pengirman

      Delete

Terima Kasih Atas Kunjungannya