Inilah Khasiat Kurma Muda Yang Belum Kamu Ketahui

by - October 16, 2017

Dokumen Pribadi
Kata orang, wanita hamil itu suka makan yang asem-asem seperti mangga muda atau kedondong. Namun sejauh pengalaman saya selama hamil dan ini kehamilan untuk keempat kalinya justru saya tidak suka makan makanan khususnya buah yang asam.  Sehari-hari sebelum hamil,  saya lebih suka makanan pedas atau asin. Misalnya saat beli kue, pilihannya tertuju pada kue-kue pedas atau asin seperti pastel, risoles, bakwan dan kurang suka puding dan kue manis lainnya. Tapi sejak hamil keempat ini selera berubah, saya jadi suka dengan makanan dan minuman manis.
                Jadi ceritanya, diberanda ef be itu dari dulu memang berseliweran olshop yang menawarkan kurma muda. Logikanya buah jika belum matang kan pasti rasanya asam, pikir saya kala itu, jadi masih belum minat untuk membeli. Apalagi ada yang bilang malah kurma muda bagus dikonsumsi buat wanita yang sulit mendapat keturunan. Nah, saya saja sudah anak tiga, semakin belum berminatlah  untuk membeli, ditambah pula itu harga sekilonya juga agak sedikit mahal dibanding kurma matang.
                Namun semakin hari kurma muda ini semakin mentel saja nampaknya dimata saya. Menjadi – jadi pula kelakuannya, tiap buka beranda facebook nampak itu kurma muda tersenyum cantik. Seperti dia mau bilang “rasalah-rasalah”. Kebetulan, teman kuliah adik ipar saya olshoper yang bakulannya khas produk timur tengah. Karena penasaran saya inbox dan tanya, rasanya gimana itu kurma, lalu dibalasnya “manis uni”. Alamak meleleh lah air liur awak di buatnya. Ini demi-demi di jabang bayi didalam perut, saya order itu kurma muda agak seperempat, jadilah buat memecahkan rasa penasaran saya yang katanya manis.
                Mungkin ini yang dinamakan rezeki anak sholeh, malam menjelang isya, pintu rumah di ketok. Rupanya orderan saya di antar. Si teman ini datang beserta dua anak yang masih bayi, jauh – jauh datang dari batu 9  (rumah saya 0 kilometer), “Uni ini kurmanya, nggak usah dibayar, rezekinya Ibu hamil”. Masyaallah, semoga Allah selalu memberi kelapangan rezeki buat kamu dek. Kurma muda nampak nyata didepan mata. Bentuknya bulat lonjong dengan tekstur padat dan kulitnya berwarna  kuning. Pada gigitan pertama, daging kurma muda ini rasanya hampir mirip dengan  daging kelapa tua, hanya kurma muda lebih bisa di kunyah dimulut. Soal rasa, Masyaallah Allah kuasa, rasanya sungguh manis berbeda dengan buah yang belum matang kebanyakan ya kalau tidak asam, ya pahit. Namun kurma muda rasanya sangat manis.
              :
Domuken Pribadi
Akhirnya saya serching lah di google, Kurma muda lebih dikenal dengan sebutan Ruthob dan dalam bahasa latin disebut Phoenix dactylifera. Dan kandungan yang terdapat dalam Ruthab ini sebagai berikut : 
·           Zat besi berfungsi untuk menjaga kebutuhan oksogen di dalam darah sehingga mencegah munculnya anemia.
·           Kalsium berguna untuk memberikan nutrisi pada tulang dan gigi sehingga mencegah keroposan pada tulang yang bisa saja terjadi saat berusia lanjut atau dikenal dengan istilah osteoporosis.
·           Klorida berguna untuk membantu tubuh untuk mengeluarkan karbondioksida di dalam tubuh.
·           Vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin a banyak terdapat pada wortel dan rimbang.
·           Vitamin C banyak terdapat pada buah jeruk dan buah mangga. Vitamin c berfungsi unutk mencegah penyakit sariawan.
·           Vitamin K berfungsi untuk menghentikan pendarahan jika terjadi pendarahan seperti luka.
Nah, apa saja manfaat mengkonsumsi kurma muda ini :
Pertama, Ampuh melawan kanker. Dalam sebuah penelitian Peneliti Dr Arshad H Rahmani dari Qassim University, mengatakan bahwa hasil penelitian telah menunjukan tentang manfaat kandungan buah kurma yang mampu mencegah terjadinya mutasi sel yang mengarah kepada perkembangan sel-sel kanker yang sangat berbahaya. Studi ini diterbitkan di Journal of Clinical and Experimenta Medicine. Kurma muda memiliki sifat anti  kanker, yang berfungsi melawan sel kanker.
Kedua, Mencegah Pendarahan dan baik untuk Ibu Hamil. Kurma muda adalah untuk mengurangi pendarahan saat melahirkan. Kurma muda mengandung vitamin k yang baik untuk mencegah pembekuan darah sehingga darah yang keluar tidak terlalu banyak. Akibat fatal jika darah keluar terlalu banyak akan menyebabkan tubuh kehabisan banyak darah. Untuk itu kurma muda banyak dianjurkan oleh para pakar kesehatan sebagai bahan alami yang mebantu terjadinya pembekuan darah. Untuk Ibu hamil ,kandungan nutrisinya bisa menghilangkan stres juga mengatur tekanan darah pada ibu yang akan melahirkan.
Ketiga, Memperlancar Produksi Asi. Kurma Muda mengandung  oksitosin, yang dapat membantu ibu menyusui memperlancar produksi ASI. Disamping itu kandungan oksotin ini juga berfungsi untuk membantu proses kontraksi otot polos dinding rahim, hal itu sangat penting dan membantu istri saat berhubungan dengan suaminya.  Kandungan tersebut bekerja untuk merangsang otot polos di dalam uterus (rahim) agar lancar dalam berkontraksi. Maka banyak peneliti menyarankan untuk mengkomsumsi kurma muda untuk menjaga kesuburan
Keempat, Menjaga kesehatan Mata. Kurma muda mengandung vitamin A, Vitamin A baik untuk mata.juga dapat menjag akesehatan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah kanker mulut
Kelima, Meningkatkan Daya Ingat

                Subhanallah, sungguh banyak khasit kurma muda ini. Saya yakin emak-emak yang baca pasti ingin mecicipi kurma muda ini. Nah, untuk wilayah Tanjungpinang dan sekitarnya, saya bantu promo in nih bakulan temn saya,  bisa PO dulu dan wa saya ke nomor 085364238802. Delivery order ya

You May Also Like

15 komentar

  1. yESSM Trimakasih karena telah berkunjung

    ReplyDelete
  2. Kalau saya ngerasain waktu umroh dulu mirip salak. Manis, agak kelat, seger...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalaw tak salah kk kemaren bikinstatus nyari kurma muda juga ya.. iya ya.. mirip salak, manis namun daging buahnya padad.. daun muda memang agak sediit mahal

      Delete
  3. Wah saya juga suka makan kurma. Tapi blum pernah ngerasain kurma muda heee. Bru tau kurma muda jg bisa dikomsumsi

    ReplyDelete
  4. kangen makan kurma muda. tp ke bogor busuk dijalan gak ya ?

    ReplyDelete
  5. saya sudah pernah makan kurma muda, Mbak. Tapi baru tahu kalau manfaatnya sebanyak itu..Terima kasih sudah berbagi info:)

    ReplyDelete
  6. Saya belum pernah makan kurma muda...hiks..doanya yg udah coklat itu Kak Ayu

    ReplyDelete
  7. kurma dengan sejuta manfaat ya. boleh minta ga. hehe

    ReplyDelete
  8. Baru kali ini nengok kurma muda...

    ReplyDelete
  9. Dari dulu mau cobain tapi gak tau gimana rasanya. Terima kasih infonya ya mba sekarang jadi tau rasa dan manfaatnya.

    ReplyDelete
  10. Waah, uni ngidam kurma muda 😊

    ReplyDelete
  11. ikut meleleh ini membayangkan nikmatnya kurma muda #hehe

    ReplyDelete
  12. kalau mak2 nak coba kurma muda cb add teman saya sisri dona.biasanya dia selalo order kurma muda lgsg dari dikirim dari timur tengah mak2

    ReplyDelete
  13. Nah...cocok sekali untuk ibu hamil ya...buat persiapan melahirkan dan menyusui. Karena salah satu manfaatnya melancarkan ASI.

    ReplyDelete
  14. Baru tahu mbak kalo kurma muda bagus buat melancarkan ASI. Makasih infonya mbak

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Kunjungannya