Maak, Seberapa Penting Media Sosial Bagimu?

by - June 29, 2018



Untuk saat ini media sosial  tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Segala aktiivtas manusia selalu terhubung dengannya. Adanya media sosial orang bisa menemukan keluarga atau teman yang dicari selama ini. Sanak family bisa bertegur sapa dalam satu grub bernama media sosial. Sayangnya banyak orang beranggapan media sosial hanya digunakan untuk hal-hal bersifat negatif. Apalagi ditambah dengan viralnya isu pelakor, serta reunian sebagai cikal bakal perselingkuhan.  Memang beberapa peristiwa yang sempat viral atau mampir ditime line kita menceritakan beberapa kejadian seperti seorang istri yang rela meninggalkan anak dan suami hanya demi cinta pertamanya yang ditemui semasa reunian, atau anak-anak Abege yang dibawa kabur dengan orang dibaru kenal melalui media sosial.
Banyak hal yang bisa dilakukan dalam bermedia sosial. Hal ini sepenuhnya terpulang dari sipenggunanya itu sendiri, mau dibawa kearah positif ataupun sebaliknya. Berikut manfaat media sosial yang menolong saya ketika saya benar-benar membutuhkan.


Pertama : Media Sosial Menambah Wawasan (Edukasi).


Manfaat media sosial khususnya facebook begitu terasa, saat saya melahirkan anak ketiga. Berlangsung pada tahun 2013. Waktu itu saya sangat membutuhkan informasi terkait ASI dan tumbuh kembang Anak. Dengan adanya facebook informasi yang didapat menjadi lebih mudah, dengan bergabung dalam grub seputar ASI dan tumbuh kembang anak. Dari informasi digrublah saya kemudian menjadi tahu akan pentingnya memberikan ASI ekslusif  hingga usia enam bulan, lalu dilanjutkan dengan pemberian MPASI handmade (buatan sendiri).
Jadi selama Adam anak ketiga saya telah makan, saya tetap harus mengusahakan MPASI handmade dan menjauhkannya dari makanan pabrikan termasuk cemilannya seperti biskuit  Mil*a dan s*n.  Ini sangat berbeda sekali dengan Anak-anak sebelumnya karena minimnya informasi serta manut dengan apa yang dibilangin orang-orang, bodohnya saya waktu itu, mencampurkan pemberian asi dengan sufor, juga memberikan MPASI diusia mereka yang baru 4 bulan, apalagi dengan yang instan.  Terkadang malah roti gabin saya siram dengan teh hangat buat anak-anak. Jika ingat itu saya selalu merasa bersalah dengan mereka berdua.
Ketika  Adam sudah MPASI saya jauhkan dari makanan pabrikan selama setahun termasuk tidak memberikan air teh juga MPASI NO Gula dan Garam (maunya sih sampe usia dua tahun bahkan lima tahun, hanya sering digoda dengan jajanan Abang dan Kakaknya). Kemudian ketika Adam demam, saya tidak buru-buru membawanya kedokter, selagi masih Asi, Adam saya gempur dengan Asi, dan memeluknya skin to skin agar panasnya turun untuk membuatnya terasa nyaman. Alaminya demam akan turun selama tiga hari, karena tubuh memilik anti body. Jika demam lebih dari tiga hari, berarti ada indikasi penyakit atau infeksi lain, maka harus segera dibawa kedokter.
Begitu juga saat beberapa hari dia tidak buang air besar ketika masih Asi elslusif, saya masih tidak khawatir karena masa tenggang anak tidak pup adalah 14 hari. Semua informasi tersebut saya dapatkan ketika shering digrub facebook yang notabanenya para admin adalah mereka yang ahli dibidangnya.
Perjuangan saya agar Adam medapatkan haknya berupa ASi hingga dua tahun serta MPASI buatan sendiri tidak sia-sia. Diumurnya yang sudah genap lima tahun, hingga detik ini saya belum pernah membawanya kedokter. Beberapa kali pernah demam, cukup dengan home treatment.  Untuk buat dia merasa nyaman, palingan saya hanya memberikan inzana. Dan yang paling saya suka dari itu adalah dia suka sekali makan sayur dan buah-buahan, segala jenis buah disantapnya. Kadang dia makan semangkok sayur bayam tanpa nasi.
                Cara saya ini juga nanti akan saya terapkan buat sikecil Khadijah, walau setelah melahirkan Khadijah, payudara saya membengkak dan puting yang luka, sehingga saat Khadijah ngAsi  saya hanya meringis menahan sakit. Melihat itu, suami manawarkan sufor, langsung saya tepis sebab Khadijah juga harus mendapatkan haknya berupa Asi ekslusif. Informasi agar bayi saya ketika lahir mendapatkan IMD juga dari grub ASI, karena saya akan operasi ceasar tentu kondisi masih dalam setengah sadar. Berkat saran salah seorang member digrub Asi yang pernah bekerja menjadi perawat penyambutan bayi, akhirnya baby Khadija juga medapatkan IMD ketika saya masih terbaring  diruang operasi.
                Bagi saya, facebook memberikan manfaat besar terhadap tumbuh kembang anak-anak. Menjadikan saya teredukasi. Apajadinya jika facebook hanya digunakan buat status lebay dan narsis. Manalah lagi minimnya referensi serta keterbatasan kesempatan untuk membaca. Tentulah dengan shering dan berbagi pengalaman digrub dapat menambah wawasan juga pertemanan.

Kedua : Media Sosial Menyelamatkan Hidup


Menjelang persalinan Khadijah kemarin, dengan Hb rendah hanya 8,2 dan dokter mengintruksikan agar menyetok dua kantong darah untuk persiapan operasi esok harinya. Malam itu kami bergelirya mencari darah golongan B+. Saya menelpon kakak  untuk mendonorkan darahnya, ternyata dia tidak bisa, Abang kandung juga sedang berlibur  bersama keluarga diluar kota. Keponakan juga baru sebulan lalu ikut aksi donor darah.
Kemudian suami menginformasikan di grub whatsapp grup (media sosial), mencari yang bersedia  mendonorkan darahnya dengan golongan darah b+. Tidak sampai satu jam, suami dapat waprian dari dua orang temannya yang bersedia membantu kami. Alhamdulilah keep dua orang dan kami langsung janjian bertemu di PMI malam itu juga.
Kalau seandainya kami tidak menggunakan media sosial, tentu akan sulit mendapatkan darah dengan segera. Kami akan disibukkan dengan menelpon kesana kemari mencari pendonor darah.

Ketiga : Media sosial Adalah Sarana Aktualisasi diri.


Setiap orang butuh pengakuan, ingin dikenal sebagai apa. Makanya perlu adanya aktualisasi diri. Bagi kaum lelaki  bentuk aktualisasi diri mereka bisa berupa bekerja sesuai dengan bidang keilmuan yang dimiliki. Begitu juga perempuan pekerja kantoran, guru, dokter ataupun perawat, dapat mengaktualisasikan diri mereka dengan bekerja sesuai dengan bidangnya. Namun bagaimana dengan para Ibu yang memilih untuk menjadi Ibu Rumah Tangga  sepenuh waktunya dihabiskan mengurus keluarga. Tentu akan ada rasa jenuh yang melanda akibat rutinitas monoton didalam rumah. Bahkan Ibu rumah tangga, sebagian besar juga adalah orang-orang yang juga pernah mengeyam pendidikan diperguruan tinggi.
Maka disinilih letak pentingnya media sosial. Bagi yang memiliki hobi berdagang, tentu media. sosial dijadikan sebagai sarana untuk berjualan secara online. Penulis, blogger juga mempromosikan tulisan mereka melalui media sosial. Saya adalah ibu sepenuh waktu dengan empat orang anak. Media sosial saya gunakan untuk bisa terhubung dengan orang-orang menambah wawasan, mempromosikan tulisan juga keahlian dalam mendesain website.
Memang, tak bisa dipungkiri dibalik mudahnya komunikasi, informasi dengan sosial media ada dampak negatif yang juga sama besar dengan kemudahannya. Baik buruknya suatu teknologi, semua terpulang pada sipenggunanya itu sendiri. Semoga kita termasuk orang-orang yang bijak dalam menggunakan media sosial.

You May Also Like

14 komentar

  1. bener banget, bun. Kalau dimanfaatkan untuk hal hal positif tentu media sosial akan banyak membantu kita :D

    ReplyDelete
  2. sosial media adalah media tercepat dalam arus informasi..
    jika diperguanakan dengan baik, maka hasilnya akan baik pula.. :)

    ReplyDelete
  3. Saya jadi terbawa punya medsos segala macam. Tapi jadi belajar banyak koq melalui medsos...

    ReplyDelete
  4. Bener banget Kalo Kita memanfaatkan media sosial buat hal Yang positif maka akan ngasih efek Yang positif juga. Ya pintar-pintarnya memanfaatkan ya

    ReplyDelete
  5. Saya juga melakukan hal yang sama mbak. Meski lingkungan tempat saya tinggal sering menyebut saya aneh. Tetapi sekarang mereka tahu mengapa anak saya terbilang jarang sakit. Suka sayur dan buah juga.

    ReplyDelete
  6. Buat saya penting Uni. Pada dasarnya tergantung apa yang kita lakukan di medsos itu sendiri. Kalau untuk kebaikan ya bagus2 aja kok aktif di medsos.

    ReplyDelete
  7. Kalau kita bisa memilah dan memilih dampak positif dari satu hal, tentu hasilnya akan baik. Tergantung bagaimana kita menyikapinya.

    Setuju dengan ulasannya Mbak... Dan, terus semangat menikmati manfaat positif sosial media ya

    ReplyDelete
  8. Pintar-pintarnya kita saja yah mbak.
    Yang jelas bagi saya, mediasosial sangat membantu. Saya bisa kenal mbak dan blogger-blogger keren lainnya berkat mediasosial.
    Negatif? Tergantung kitanya saja.

    ReplyDelete
  9. Saya mungkin termasuk salah satu orang yang susah meninggalkan media sosial. Terlalu banyak manfaat yang telah saya dapatkan dari media ini, meskipun saya tahu butuh kerja keras untuk menghalau pengaruh negatif di dalamnya. Semoga kita selalu bijak ya, Mbak. Sehingga bisa mengambil manfaat dari media sosial, bukan mudharatnya.

    ReplyDelete
  10. Penting mba bagi saya, banyak informasi yang bisa kita dapatkan pada media sosial. Kalaupun ada hal-hal negatif yah di skip aja, malah banyak yang saya unfollow hihihi.Yah, kembali ke diri kita lagi yah mba, kalau kita bijak pasti bermanfaat :) Nice sharing mba...

    ReplyDelete
  11. Ibaratnya media sosial itu seperti dua mata pisau. Jika tidak pintar menggunakannya, akan berdampak buruk. So...bijaklah menggunakan media sosial.

    ReplyDelete
  12. Yang ditulis betul Kak Ayu.
    Banyak manfaat positif medsos kalo kita pilih jalan positif seperti edukasi dan cari info ya

    ReplyDelete
  13. Di zaman modern seperti ini, media sosial juga sangat penting ya mbak. Tapi tinggal bagaimana orangnya untuk menggunakan dengan bijak.
    Terima kasih untuk sharingnya mba :)

    ReplyDelete
  14. Bagus sekali, tampilan blog nya jadi ngiri nih

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Kunjungannya