Cara Mudah Bikin Beef Steak dengan Saos Terayaki

by - September 11, 2017

Idul Adha telah berlalu hampir dua pekan. Saat terima daging kurban masa itu, sengaja daging kurban tersebut tidak langsung dimasak untuk dimakan. Saya bersihkan, dan potong seperti potongan dendeng, bumbui dengan ketumbar,  jahe dan bawang putih lalu rebus hingga empuk. Setelah itu simpan di kulkas, agar daging awet pikir saya. Setelah di bumbui dengan bumbu dendang nantinya juga bisa diolah, pastinya di goreng untuk dendeng, untuk anak-anak bisa juga bikin semur daging atau di sup sedikit. 
Karena aseli nggak tahu resep – resep daging kekinian, tetiba si sulung colek-colek dan bilang “ummi, kita bikin beef steak yuuk, pengenlah makan beef steak kayak di restouran”.  “Yuuk lah, kita tanya resepnya sama mbah google”. Makan dapat lah saya resep steak daging. Rupanya beef steak ini ada dua cara pengolahanya, yang pertama dagingnya hanya di potong lebar dan di rebus (waah ini mah sama saja dengan dendeng, pikir saya), yang satunya lagi, olahan daging dengan cara daging digiling terlebih dahulu.  Saya pilih olahan kedua, kebetulan daging di kulkas juga sudah direbus, jadi mudah digiling dengan gilingan bumbu blander.
Setelah baca resep sekilas, maka resep beef steak saya modifikasi sesuai bahan-bahan yang ada sahaja J J

Resep Beef Steak Saos Terayaki ala ummi Adam

Bahan – Bahan
1.       Daging giling
2.       Satu butir telur ayam
3.       Tepung terigu secukupnya + tepung panir untuk balutan
4.       Wortel, kentang untuk sayuran
Bahan Saos terayaki
1.       Bawang Bombai setengah nya saja iris
2.       Bawang putih 4 siung giling halus dengan merica hitam
3.       Saos terayaki (saya pakai sauri saos terayaki dan kecap manis kecap bangou)


Cara membuatnya
Pertama,
Rebus daging terlebih dahulu, dengan bumbu bawang putih, ketumbar dan jahe (kira-jira sajalah takarannya = bumbui seperti masak dading dendeng )= agar mudah di giling, karena saya tidak punya gilingan khusus daging.
Kedua,
Setelah daging empuk, blander daging dengan gilingan bumbu. Nggak usah terlalu haluspun tidak papa, kemudian daging yang telah di giling, di aduk dengan telur ayam dan tepung terigu agar mudah di bentuk bulat leper. Setelah di bentuk daging tersebut di kukus hingga padat (kira-kira saja lah) J
Ketiga,
Setelah olahan daging di kukus, karena menghemat telur untuk baluran tepung panir karena daging akan di goreng. Saya pakai terigu yang dikasih air agak kental agar tepung panir lengket. Setelah itu goreng daging yang telah di kukus tadi. Daging stak pun akan siap disajikan.

Untuk saos terayaki
Caranya :

Pertama,
Tumis bumbu yang telah digiling (bawang putih + lada hitam), setelah harum, masukkan irisan bawang bombai, setelah bawang bombay layu, kasih air sedikit. Masukkan saos terayaki, agar ada manis-manis nya campur dengan kecap manis sedikit.

Kedua,
Pada resep asli, agar kuah kental digunakan tepung meizena, saya pakai  bahan yang ada saja, sisa tepung terigu buat baluran tepung panir tadi saya campurkan ke tumisan saos terayaki. Setelah terasa harum, saos angkat dan siram ketatakan daging yang telah di susun dengan wortel dan kentang.
Beefsteak Murmer ala Umii Adam siap di santap. Anak-anak pun ketagihan.

Tadi daging tidak digoreng semua, sisanya mereka minta dibuatkan lagi, tapi kini sajiannya pakai nasi, dan baru keingat ada sisa keju di kulkas., jadilah parutan keju dilatakkan di atas beefsteak.

Selamat mencoba



You May Also Like

6 komentar

  1. Trima kasih, saya coba bikin ah, mumpung masih ada daging.

    ReplyDelete
  2. Sedapnyaaa..
    Saya biasa pake saus teriyaki aja, Mbak #ketauan malesnya hahaha
    Ok deh, nanti bikin lagi yang spesial sausnya..pasti anak-anak suka.
    Terima kasih resepnya Mbak:)

    ReplyDelete
  3. Kemarin waktu Idul Adha,saya juga buat steak di rumah. Tapi saya pakai daging yang diiris tipis, bukan yang dihaluskan.Ingin praktisnya aja hehehe

    ReplyDelete
  4. Hmmm pasti enak ya Uni, terima kasih resepnya. Tapi sekarang dagingnya dah abis hehe..

    ReplyDelete
  5. Hmmm pasti enak ya Uni, terima kasih resepnya. Tapi sekarang dagingnya dah abis hehe..

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Kunjungannya