8 Kebiasan Rasulullah yang Harus Kamu Tiru

by - April 29, 2017

Image :Google
“Sungguh telah ada pada diri Rasulullah suri tauladan baik bagimu (yaitu) bagi yang mengharap Rahmat Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah swt (Q,S Al Ahzab 21)
Allah menjelaskan bahwa, Rasulullah Sholaullahu’alaihiwasalam adalah contoh bagi kehidupan manusia. Segala aktivitas beliau memang telah di rancang Allah sedemikian rupa, mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Kesemuanya itu adalah contoh  dari Allah agar di tiru oleh semua manusia.
Dalam hadist juga di jelaskan tentang fisik Rasulullah, seperti yang di riwayatkan oleh Ibnu Sa’ad.  Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Sholaulallahu’alaihiwasalam, dada dan perut beliau rata. Pada hadist lain juga di jelaskan tentang,  fisik beliau yaitu bertubuh sedang. Kulit berwarna cerah  tidak putih dan tidak pula hitam.
Rasulullah memiliki tubuh yang ideal, hal ini karena beliau selalu menjaga apa – apa yang masuk kedalam perut nya. Yuk simak  kebiasaan Rasulullah Sholaulallahu’alaihiwasalam  dalam keseharian beliau :

Pertama, saat bangun tidur, Rasulullah selalu bersiwakh untuk membersihkan mulut dan gigi.
Beliau bersabda ”Siwak merupakan kebiasaan bagi muslim dan keridhaan bagi Rabb”.     Hadist Riwayat Ahmad.


Kedua, Rasulullah selalu bangun di pertengahan malam, untuk melaksanakan sholat tahajud.
Dari Aisyah Radhiaallahuanhu ia berkata : ”Setiap malam Rasulullah selalu mengerjakan shalat witir yaitu pada permulaan malam, atau pada pertengahan mala, dan shalat witirnya itu selesai pada waktu akhir malam (menjelang fajar)“. Hadist Riwayat Muttafaqun Alaih.


Ketiga, menu sarapan Rasulullah adalah segelas air dingin, yang di campur madu. Pada  waktu dhuha beliau memakan 7  butir kurma ajwa.


Keempat,  Rasulullah mengunyah makanan  sebanyak 33 kali.
Dalam hadist di jelas kan bahwa Rasulullah Sholaulallahu’alaihiwasalam, di saat makan mengunyah makanan sebanyak 33 kali. Hal Ini bertujaun mengurangi kerja usus.  Makanan yang tidak di kunyah dengan baik, akan terbuang tanpa terjadi penyerapan dan berkahir pembusukan di usus.

Kelima, saat minum, Rasulullah minum dengan 3 kali tegukan, dan bernafas di luar gelas. Diriwayatkan dari Anas radhiyalaahu anhu,  “Rasulullah Sholaulallahu’alaihiwasalam biasa bernafas tiga kali sewaktu minum.” (HR. Muttafaq ‘alaih).

Keenam, saat menjelang sore Rasulullah selalu mengkonsumsi  Roti yang di campur cuka dan minyak zaitun.

Ketujuh, pada malam hari menu makan malam beliau adalah sayur – sayuran, dan beliau tidak langsung tidur setelah makan malam, melainkan beliau sholat dua rakaat. Hal ini berguna agar makanan yang masuk ke dalam lambung mudah dicerna.

Kedelapan, Rasulullah Sholaulallahu’alaihiwasalam, senantiasa melaksanakan puasa sunnah Senin-Kamis.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747)

You May Also Like

2 komentar

  1. Semoga kita bisa istiqomah untuk selalu menjalankan Sunnah Rasulullah ya Mbak. Ammin YRa

    ReplyDelete
  2. Kita harus mencontoh pola hidup Rasulullah SAW

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Kunjungannya