RESEP KUE LIDAH KUCING RAINBOW

by - July 08, 2015

Resep Kue Lidah Kucing Rainbow

Advertisement

Cara Membuat Kue Lidah Kucing Rainbow - Kalian pasti belum banyak yang tau ya kue kering satu ini, dari namanya saja unik yaitu Kue Lidah Kucing Rainbaw. Sahabat bisa coba dan praktekkan di rumah untuk menyiapkan sajian istimewa ini buat keluarga dan kerabat.



Resep Kue Lidah Kucing Rainbow 
Ilustrasi Gambar Resep Kue Lidah Kucing Rainbow Mudah dan Enak
hanya dibutuhkan sedikit kesabaran dan ketelitian dalam membuat kue lidah kucing rainbaw ini, sehingga bentuk dan rasanya akan enak dan menarik untuk dilihat. Yuk langsung saja kita simak cara membuatnya :)

Asal Usul Kue Lidah Kucing

Kue yang satu ini memiliki nama yang unik. Namanya kue lidah kucing. Lho memangnya benar-benar dari lidah kucing? Sadis dong?? Hahaha, bukan seperti itu lho, kue ini memang sejenis kue kering yang berbentuk seperti lidah kucing yang panjang dan tipis.
Kue ini berasal dari Belanda seiring dengan kolonialisasi Belanda di negara kita. Dalam bahasa Belanda, kue ini dinamakan "Katten Tong". Kue ini benar-benar memiliki rasa yang gurih, enak, dan renyah. Coba kalian perhatikan, kue ini benar-benar seperti lidah kucing bukan? Imut sekali yaaa.


Asal Usul Kue Lidah Kucing
Asal Usul Kue Lidah Kucing


Di Indonesia, kue lidah kucing sendiri menjadi sajian khas pada saat perayaan hari raya besar seperti Idul Fitri, Natal, dan tahun baru Imlek. Kue ini secara luas sangat disukai di seluruh nusantara. Kalau kalian ingin membuat kue lidah kucing yang bukan versi rainbow, kalian bisa simak resepnya di Resep Kue Kering Lidah Kucing Yang Renyah.

Bahan pertama dalam membuat Resep Kue Lidah Kucing Rainbow :

  • 100 gram mentega
  • 150 gram margarin
  • 100 ml putih telur
  • 200 gram gula halus
  • 1 sendok teh vanilli essense
  • Pewarna makanan (merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu )

 

Bahan kedua dalam membuat Resep Kue Lidah Kucing Rainbow  :

  • 50 gram tepung maizena
  • 200 gram tepung terigu
  • ayak kedua bahan tersebut hingga menjadi 1

 

Cara Membuat Resep Kue Lidah Kucing Rainbow :

  1. Kocok mentega, gula pasir, dan margarin hingga terasa lembut, dan terlihat putih sertamengembang. Lalu masukkan secara perlahan-lahan putih telur dan vanila, kocok semua bahan tersebut hingga keseluruhan adonan menyatu.
  2. Selanjutnya silahkan masukkan campuran tepung yang sebelumnya telah diayak menjadi satu tadi, aduk terus hingga rata. Bagi adonan tersebut menjadi 6 adonan yang kira-kira sama rata dan silahkan tambahkan masing-masing adonan tersebut dengan pewarna makanan yang berbeda-beda warnanya Resep Kue Lidah Kucing Rainbow
  3. Masukkan masing-masing adonan warna-warni tersebut ke dalam sebuah wadah plastik berbentuk segitiga, lalu gunting ujungnya kurang lebih selebar 1 cm. Spuit diatas loyang yang telah di oles mentega, setelah itu bentuklah adonan tersebut seperti lidah kucing dan susun layaknya warna pelangi sedikit demi sedikit, hingga membentuk warna pelangi secara keseluruhan.
  4. Masukkan adonan yang telah berwarna seperti pelangin tersebut ke dalam oven hingga pinggiran kuenya kering dan berwarna kuning kecoklatan.
  5. Angkat lalu dinginkan, dan siap untuk dihidangkan.

Manfaat Dan Fungsi Telur Untuk Kesehatan

Telur memang tidak jauh-jauh dari pembuatan kue nya sendiri. Bagaimana tidak? Telur merupakan bahan baku utama dalam pembuatan kue dan makanan penutup lainnya. Apa kalian tahu manfaat telur untuk kehidupan sehari-hari? Simak manfaat dan fungsi telur untuk kesehatan dibawah ini.
Manfaat Dan Fungsi Telur Untuk Kesehatan
Manfaat Dan Fungsi Telur Untuk Kesehatan
  • Meningkatkan daya ingat
    Telur yang mengandung kolin ini mempunyai peranan dalam membantu perkembangan memori dan fungsi kognitif, mencegah demensia, serta membantu mengasah memori atau daya ingat otaknya lebih tajam..
  • Aman dan tidak memperburuk kolestrol
    Tak ada salahnya jika kita mengonsumsi telur. Memang, telur mengandung sejumlah kolestrol, namun kolestrol yang terkandung di dalamnya tidak memperburuk kadar kolestrol dalam darah. Jadi, tidak akan meningkatkan resiko penyakit jantung sehingga aman untuk di konsumsi.
  • Menjadi sumber energi
    Anda bisa memasukkan telur ini ke dalam daftar menu sarapan pagi anda. Sebelum memulai aktivitas kita, ada baiknya kita memakan nutrisi yang sehat seperti telur ini. Kuning telur di anggap efektif dalam menambah energi. So, jangan lewatkan sarapan pagi anda yaa :D.
 
  • Menambah stamina
    Jika kuning telurnya menjadi sumber energi, maka putih telurnya juga tak kalah besar manfaatnya. Putih telurnya bermanfaat dalam menyerap protein dalam membangun otot-otot dalam tubuh.

You May Also Like

0 komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya