Blog itu apa sih

by - December 09, 2018



a.        Blog itu apa sih

Dalam buku 1 Juta Rupiah Pertama Anda Dari Bloger karya Jefferly Helianthusonfri. Blog adalah singkatan dari web blog. Jadi blog termasuk salah satu jenis website. Dan defenisi yang hampir sama menurut situs wikipedia.. Blog adalah singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi dalam bentuk tulisan-tulisan (yang di muat sebagai postingan) dalam sebuah halaman web. Dan setiap tulisan–tulisan tersebut akan diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari pengguna blog tersebut. Blog mempunyai fungsi yang beragam, mulai dari catatan harian, media publik, kampaye politik, dan promosi perusahaan.
Sementara bloging, dalam kaidah bahasa ingris, bukan sebuah kata dasar.  Bloging di tambah akhiran ing, blog + ing berarti kata kerja verb. Jadi bloging adalah kegiatan mengelola blog. Di Indonesia istilah ini lebih di kenal dengan ngeblog. Ngeblog adalah kegiatan mengelola blog, rumusannya mencakup memposting tulisan, mengganti tample dan semua yang berhubungan dengan blog. Perlu emak ketahui, dalam situs komunitas bloger perempuan dengan anggota kurang lebih  sebanyak 1500 orang, dan 60% nya adalah ibu rumah tangga. Sebenarnya inti ngeblog adalah  menulis, dengan menulis, emak bisa menuangkan gagasan dan ide pemikiran dalam tulisan, setelah menjadi tulisan dan di posting di blog dengan tujuan isi pemikiran kita di baca orang.
So, emak udah pahamkan apa itu blog, bloging. Jika udah paham cuuung, dan kita lanjut nya.

b.        Pentingkah ngeblog?
Seberapa penting ngeblog? Dady Dahlan, seorang passion coach dan penulis buku best seller “Passion–Ubah Hobi Jadi Duit. Menjabarkan Kenapa semua orang perlu nge blog. Berikut alasannya :
-        Ngeblog membantu anda mengembangkan passion.
Jadi ngeblog itu bisa jadi sarana trial   untuk menemukan passion awal.Nah, saat emak mulai konsisten menulis dan memposting tulisan emak di blog, dengan ide tertentu, secara tidak langsung emak sudah menemukan passioan emak sesungguhnya.

-        Ngeblog bisa melatih kreativitas berpikir dan berkarya
Ngeblog bisa jadi sarana latihan menulis. Dengan menulis emak bisa menuangkan ide dan pemikiran dalam bentuk tulisan. Nah akhirnya tulisan itu di bukukan jadilah dia sebuah karya.

-       Ngeblog melatih disiplin dan mengembangkan kebiasaan konsisten dan mengatur waktu.
Dengan ngeblog, emak  bisa belajar konsisten membagi waktu untuk menulis. Serta mengatur waktu untuk aktivitas lainnya dengan lebih baik lagi.

-        Ngeblog membuka pertemanan baru dan memaksa emak untuk belajar hal baru.
Setiap emak ngeblog, emak sudah mulai mendapat pertamanan baru dengan gabung di berbagai komunitas blog. Kemudian emak harus mencari ide baru. Dan mencari ide baru, artinya emak tanpa sadar akan mempelajari hal- hal baru.

-        Ngeblog membantu emak mengeluarkan unek-unek
Ngeblog bisa jadi sarana curhat yang sangat amat baik lho mak.  Punya unek- unek soal tetangga? Jadiin ilham blog. Punya unek- unek soal gaji yang nggak kunjung naik? Tulis ide Emak untuk sistem gaji yang lebih baik di blog emak . Punya unek- unek sama situasi politik bangsa? Tulis blog dan kemukakan pendapat emak.  Karena secara psikologis, mengeluarkan unek- unek itu sehat, dan bisa membantu
Bagi wanita, khususnya ibu rumah tangga, ada beberapa hal yang dapat di jadikan alasan, mengapa banyak para ibu rumah tangga menjadi bloger.
Pertama, adalah soal kenyamanan lokasi.  Emak, banyak menghabiskan waktu di rumah kan?. Kegiatan Nge blog, memiliki waktu dan tempat yang fleksibel. Jadi kapanpun dan dimanapun, emak bisa bebas ngantor untuk ngblog di depan komputer atau laptop.
Kedua, ngeblog mengusir rasa jenuh dan menambah pertemanan. Emak pasti seharian, mengurus segala keperluan rumah tangga, anak dan suami. Hal ini tentu sering membuat emak merasa jenuh dengan aktivitas yang monoton. Orang-orang yang di hadapi seharian hanya itu-itu saja. Nah untuk memperlancar kegiatan ngeblog, selain menulis artikel dan mempostingnya, emak juga harus bergabung dengan komunitas bloger. Semuanya itu membuat emak dapat menambah informasi, sharing dan diskusi seputar blog. Disamping itu apalagi jika bukan untuk menambah pertemanan.       
Keempat, ngeblog bisa menambah ekonomi keluarga. Nah, sebenarnya ini adalah point penting dari pembahasan mengenai blog yang bisa dijadikan passion, hingga menghasilkan. Saat emak rajin memposting tulisan di blog, hingga blog emak ramai pengunjung, di situlah emak bisa memasang iklan PPC pay per clik, dari google adsense dan yang terkenal  di Indonesia adalah klik saya. Selain itu emak bisa mendapatkan job untuk mereview sebuah produk , guna di posting di blog emak.

You May Also Like

2 komentar

  1. numpang promosi ya min :)

    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...

    ReplyDelete
  2. numpang promosi ya min :)

    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Kunjungannya