Resep Tekwan Dengan Bakso Kriwil Kreasi Dapoer Mimih

by - June 23, 2018


Tekwan adalah kuliner khas Palembang yang paling dicari setelah empek-empek Palembang. Makanan yang terdiri dari campuran ikan dan tepung tapioka dengan bulatan kecil-kecil menyerupai bakso, dipadu dengan soun, irisan bengkoang dan jamur kuping juga udang, dengan aroma yang menggugah selera.  Saya adalah penggemar empek-empek Palembang apalagi tekwan. Kalau lagi musim hujan, makan-makanan berkuah bening seperti tekwan, bakso dll adalah hal yang paling diminati, karena  membuat perut terasa hangat.
                Jadi ceritanya, ownernya Kreasi Dapoer Mimih, open order 100 slot untuk pemesanan –2 H lebaran untuk bakso kriwil sebagai bahan utama membuat Tekwan. Karena saya pengemar tekwan, jadi kepengen dong, buat sendiri Tekwan. Lebarankan selalu identik dengan santan, maka masak yang bening-bening pasti banyak suka. Saya juga ikutan order bakso kriwil, yang bikin horee itu  diantar alamat pula sama ownernya bunda mimih -2 H lebaran.
                Karena perut udah neg dengan yang santan. Lebaran hari ketiga, bakso kriwil saya eksekusi. Oh iya, karena bengkoang nggak ketemu, saya gunakan stok yang ada di kulkas dengan penambahan jamur kupingn dan brokoli.


Berikut resep tekwan Bakso Kriwil ala Ummi Hafizah
Untuk ¼ kg bakso kriwil saya gunakan
1.      4 siung bawang merah (digiling halus)
2.       3 siung bawang putih (digiling halus)
3.       Segenggam udang basah , (digiling halus) (kalau tidak ada udang bisa diganti dengan ebbi)
4.       Jamur kuping, brokoli, daun sop dan bawang goreng

Cara membuat :

Pertama : tumis bawang putih, dan bawang merah yang sudah digiling halus, setelah tercium aroma bawangnya, masukkan udang yang telah di giling tadi. Setelah menyatu bawang dan udang, masukkan air (saya kira-kira saja sesuai keinginan untuk 5 porsi). Lalu masukkam bumbu halus (khusus bumbu tekwan).
Kedua : setelah mendidih, masukkan bakso kriwil juga bahan pelengkap lainnya. Tunggu beberapa menit, lalu matikan api. Tekwanpun siap dihidangkan.

                
Ternyata, bikin tekwan nggak serumit yang dibayangkan yaa .. mudah kok, apalagi bakso kriwil juga udah tersedia, jadi kita tinggal tambahin pelengkapnya saja, seperti bengkoang dan kawan-kawannya. Oh iya, satu lagi mengapa saya belinya sama bunda mimih, karena udah ada label halal dari MUI nya lho, jadi kita nggak perlu kuatir lagi. Kemudan tekstur baksonya juga kenyal dan lembut, itu menandalan baksi ikan kriwil tidak pakai pengeras atau bahan kimia lainnya. Dan khas ikan tenggirinya begitu terasa dilidah. Jadi tekwannya nendang abiss dahh …

                Selain untuk tekwan bakso kriwil juga bisa sebagai pelengkan masakan lainnya, untuk campuran mie instans juga sedaaapp. 



Oh iyaa, kalau mau order bisa hubungi ownernya langsung bunda mimih dan untuk wilayah Tanjungpinang tersedia di swalayan Al Baik Km. 8 Tanjungpinang.

You May Also Like

11 komentar

  1. Seger banget nih makan yang bening bening disaat lebaran, saat makanan udah mulai angetan, disuguhun tekwan wah segerrrr

    ReplyDelete
  2. Kebetulan belum pernah makan tekwan mbak Ayu. Sekarang sudah bisa membayangkan rasa, bahan, dan pembuatannya. Sering-sering share resep dong mbak! Hihihi.

    ReplyDelete
  3. Resep tekwannya gampang banget. Pasti enak niiih...
    Di Bandung ada ga ya baso kriwil...

    ReplyDelete
  4. Oo, jadi yg penting ada bakso ikannya ya, cara bikinnya mah gampang banget

    ReplyDelete
  5. Kok namanya lucu, tekwan kriwil hihihi

    ReplyDelete
  6. Bakso kriwiiiil endanggg hehehe. Aku suka buanget tekwan, seger yaaa Kak Ayuu

    ReplyDelete
  7. belum pernah cobain tekwan, sih. Tapi kalau dilihat dari gambarnya, enak dan cocok banget dimakan saat cuaca seperti hari ini yang dingin dan hujan.

    Terima kasih untuk sharingnya, Mba :)

    ReplyDelete
  8. Pedesss enak enaaak😘😘😁

    ~ Mak Belalang

    ReplyDelete
  9. Kebetulan sy punya jamur kuping uni di belakang rumah. Ahay... Cobain aah... Makash resepnya uni

    ReplyDelete
  10. Pernah cobain tekwan sekali doang. Liat ini jadi tergoda coba lagi

    ReplyDelete
  11. Resepnya oke banget nih..., seger membayangkannya...

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Kunjungannya