Tips Berpenghasilan Dari Blog Ala Rahayu Asda

by - July 18, 2019


Setiap blogger pasti ingin blog yang dibangunnya menghasilkan uang. Disini saya akan sharing pengalaman saya membangun blog hingga berpenghasilan dari blog.  

Blog yang saya bangun ini sebenarnya sudah sejak tahun 2012, alasan klise orang-orang sudah buat lalu ditinggalkan begitu saja  .  Saya mulai merapikannya kembali tahun 2017 sejak ikut training artikel di joeragan artikel yang mengharuskan tugas artikel diposting di blog personal. 
Nah, sejak itulah Saya mulai menulis kembali di blog. Tapi pertanyaannya apa langsung berpenghasilan dari blog?. 

Jawabannnya Tidak. 

Ada proses panjang yang mesti Saya lalui hingga blog saya bisa berpenghasilan, Sebab sesuatu itu tidak ada yang instan butuh proses berupa kerja keras untuk itu. Karena belum kunjung berpenghasilan, apakah saya berhenti menulis??

 Jawabaanya Tidak. 

Saya tetap rajin posting artikel di blog tigakali dalam seminggu. Rajin banget wkwkwkw

Awal sebelum gabung dikomunitas blogger saya masih blank tentang blogging. Tidak punya kenalan blogger jadi tidak ada tempat untuk bertanya. Hingga seorang seorang teman penulis dari Tanjungpinang memasukkan Saya digrub blogger Kepri. 

Bergabung di grub whatsapps blogger Kepri bikin wawasan saya seputar blogging jadi bertambah. Sebagai anak baru di grub tersebut ada rasa minder karena blog saya masih polos, apalagi sebagian besar dari mereka adalah travel blogger yang sudah banyak memenangkan lomba dan banyak mendapatkan job. Di grub tersebut saya hanya silent rider , diam-diam sambil menyimak. Grubnya rame, banyak info seputar job, undangan event dan challenge blogwalking.
Kemudian ada yang ngajakin buat grub kecil untuk wajib setoran. Nah, saya mulai memberanikan ini untuk ikut di grub kecil yang wajib memposting artikel 3 kali dalam satu minggu. Di grub kecil tersebut saya berani bertanya seputar blogging dengan mereka. Surprise nyatanya banyak blogger senior yang tidak pelit ilmu.

Dapat ilmu dari sana, saya mulai ngajakin beberapa emak-emak penulis beranggotakan 10 – 15 orang untuk saling blogwakling dengan konsisten postingan2 kali dalam satu minggu. Grub tersebut saya namai grub backlink. Alhamdulilah grub tersebut bertahan lama, kami konsiten untuk posting artikel. 
Sejak saya konsisten posting artikel, rajin pula share artikel di media social, sejak itu pula job blogging mulai berdatangan. Awal penghasilan saya adalah ketika diminta oleh ummi Aleya untuk menjadi juri lomba blog Zalfa, Alhamdulillah sejak itu tawaran-tawaran berdatangan.

Jadi, disini saya mau kasih tips agar bisa berpenghasilan dari blogging.


Satu : ganti blog dengan blog TLD. Jika kamu serius mendalami blogging beli domain (TLD), keuntungannya untuk mendapatkan job dan personal branding

Kedua : bergabung dengan komunitas blogger, baik itu komunitas blogger secara online maupun komunitas blogger daerah.

Ketiga : perluas networking/jaringan. Dalam hal ini perbanyak pertemanan dan jadilah orang yang supel, rajin ngelike dan koment status teman. Juga rajin ikuti training online karena akan memperluas networking berakibat akan terbukanya peluang rezeki.


Keempat : perkuat personal branding dimedia social


Kelima : rajin review produk teman, misal snack buatan teman atau review buku teman atau review rumah makan. Gratis saja dahulu untuk mengasah skili menulis.

Keenam : rajin ikutan lomba blogging dan meningkatkan follower instagram dan twitter

Jika semua tips tersebut sudah kamu lakukan, saya yakin lambat laun blognya akan berpenghasilan. Namun jika kamu tak kunjung berpenghasilan dari blog, jangan putus asa terus menulis karena hasil tidak pernah mengkhianati proses.

You May Also Like

2 komentar

  1. Thank for sharing,. sukses terus ..

    ReplyDelete
  2. Wah bagus mbak. Jadi semangat untuk konsisten ngeblog

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Kunjungannya