Ingin Hidupmu Sehat Dan Bahagia, Coba Lakukan Terapi Syukur

by - May 21, 2019

Perutku terasa perih dan nyerinya hingga keulu hati. Mataku terpejam menahan sakit. Kucoba perlahan mengisi nasi agar perutku tidak kosong juga untuk mengurangi perih. Huff, maagku  lagi-lagi kambuh, rasanya Aku benar-benar tak berdaya dan  malam itu, Aku merasa kesakitan yang cukup menyiksa, belum lagi sikecil Khadijah yang rewel karena batuknya tak kunjung membaik. Sejak Khadijah batuk disertai demam, gadis kecilku ini selalu minta digendong dengan durasi menyusui yang semakin sering.

Setelah melahirkan anak keempat, Aku sering mudah kelelahan, jika mulai lelah disertai kurang minum, maka Aku akan kesulitan bernafas. Aku hanya bisa berbaring mengurangi sesak. Aku juga merasakan nyeri dilutut (ah … seperti sudah lanjut usia saja Aku ini), tengkuk dan pundak sering sakit, bisa jadi kolestrol atau tensi  tinggi, nyeri perut sebelah kanan dan berbagai macam keluhan yang membuat Aku merasa tak berdaya.
Seorang Ibu tetaplah Ibu, sesibuk apapun, seletih apapun kondisinya tak ada hari libur baginya.  Karena itu muncul ungkapan yang mengatakan "Ibu dilarang sakit". 

Aku mulai merenung tentang kondisi fisikku yang rentan, Aku punya amanah  anak-anak yang harus dibesarkan. Demi mereka Aku harus kuat. Penyakit harus diobati, dilawan dan jangan dikeluhkan. Mentorku dikelas healing mengatakan “90% penyakit berasal dari pikiran, 10% adalah makanan”.  Dalam hal ini pikiran memberi pengaruh besar, terhadap kondisi fisik seseorang. Seperti kanker bermuara dari emosi negatif berupa makan hati menahun atau penyakit ginjal disebabkaan kekecewaan, rasa gagal, rasa malu yang ditekan dan perasaan tak ingin hidup lebih lama.  Ketika kita menghimpuun emosi negatif dalam jiwa, justru itu akan kembali kediri sendiri. Nah, siapa lagi yang akan bertanggung jawab terhadap diri kalau bukan kita sendiri. Oleh karena itu, berpikiran positiflah agar fisik menjadi sehat.

Mengelola pikiran agar terus berpikiran positif nyatanya tidak mudah. Apalagi untuk berprasangka baik kepada orang lain. Terkadang sifat-sifat negatif dalam diri seperti iri, dengki, berburuk sangka, kurang sabar telah tertanam sedari kecil dan melekat dialam bawah sadar, pastilah sulit dirubah. Tetapi sesulit apapun harus dilakukan jika ingin berubah agar tubuh menjadi sehat. 

Hingga ketika Ramadhan menyapa kembali, bulan seribu kemuliaan dimana setiap amal sholeh dilipat gandakan. Aku kembali menyusun rencana memperbaiki amalan-amalan yaumiyah sembari merenungi kejadian-kejadian beberapa tahun kebelakang juga tentang berbagai masalah yang Aku hadapi seperti penyakit yang tak berkesudahan. Akhirnya Aku bertemu benang merah dari semua problem itu, semua sesak yang terus menghimpit, fisik yang mudah sakit. Aku sadari penyebabnya adalah  selama ini Aku kurang bersyukur atas apa-apa yang telah Allah beri, tepatnya Aku tak pernah bersyukur, selalu saja mengeluh dan merasa kurang. Sifat melankolisku yang suka menetapkan standard tinggi dalam sebuah pencapaian, hingga Aku lupa dengan kata syukur.  

Kemudian Aku ingat Allah berfirman dalam surat Ibrahim ayat 7 :
"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambahkan (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya azabku sangat pedih."

Masyaallah, sungguh betapa Aku telah lalai selama ini. Moment Ramadhan kali ini Aku harus berubah, Aku mulai dengan terapi syukur. Bukankah Ramadhan  adalah bulan latihan. Aku memulai dengan syukur, bersyukur kepada Allah sebab telah mempertemukan Aku pada Ramadhan kini. Bersyukur dengan keadaanku saat ini. Bersyukur masih diberi tempat berteduh, bersyukur anak-anak sehat. Berikut beberapa amalan yang menjadi target amalan harian yang  mesti dikerjakan selama Ramadhan :

Pertama : Terapi Syukur

Gambbar : pinters

Hal pertama yang Aku lakukan saat bangun pagi, Aku bersyukur Allah memberi kesempatan hidup. Bersyukur Allah mempertemukanku dengan sseseorang yang menyebalkan, agar Aku dapat belajar kesabaran. Dan berbagai  keadaan yang membuat Aku harus tetap bersyukur.

Kedua : Perbanyak Membaca Alqur'an


Ramadhan adalah bulan dimana Alqur'an diturunkan. Membaca Al qur'an pada bulan ramadhan akan diberi pahala berlimpah oleh Allah swt . 
Rasulullah Shalallahu’alai wasalam bersabda :
Barangsiapa yang, satu huruf dari Al Qur’an, maka  iya mendapatkan satu kebaikan  dengan huruf itu dan satu kebaikan akan ddilioat gandakan menjadi sepuluh. Aku tidak mengatakan aliflammimsatu huruf tetapi alif satu huruf lam satu huruf dan mim satu huruf". (HR Turmizi)

Ketiga : Mendirikan Qiyamulail

gambar : pinters

Menjelang sahur adalah waktu yang  tepat untuk menegakkan qiyamulail berupa sholat tahajut, baca qur’an dan berdzikir. 

Keempat : Memperbanyak sedekah

Setiap yang bersedekah pada bulan ramadah, pahalamya Allah lipat gandakan.

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)


Empat point diatas adalah targetku yang harus Aku capai selama Ramadhan tahun ini, dengan harapan aku bisa istiqamah mengerjakan amalan -amalan harian tersebut dibulan-bulan selanjutnya. Dan yang paling terpenting Aku harus terus bersyukur kepada Allah dalam kondisi apappun. Sebab bersyukur adalah terapi menyembuhkan sakit fisik maupun psikis.

Pun begitu juga saat membeli keperluan lebaran buat keluarga, Aku adalah emak rempong yang punya empat anak. Sejak mobil kami ditarik oleh pihak leasing Aku jarang sekali keluar rumah. Ataupun jika anak-anak dibawa berbelanja ke Mall, mereka malah berlarian kesana kemari. Bukannya belanja, Aku malah sibuk mengejar mereka. Dan kini Aku sudah jarang lagi berpergiian, walauppun begitu Aku tetap bersyukur masih tetap bisa berbelanja keperluan lebaran, seperti baju lebaran buat anak-anak secara online kalau bukan di shoope.co.id. Shopee.co.id adalah e-comerce atau pusat perbelanjaan secara online  terbesar dan tersebar keseluruh Asia Tenggara hingga Taiwan dan berkantor pusat di Singapore. 


Pada  edisi lebaran kali ini, shopee punya banyak promo seperti Big Ramadhan Sale dengan banyak diskon dan gratis ongkir tanpa minimum pembelian. Satu hal bikin Akutuh senang belanja di shopee karena bisa belanja beberapa produk hanya pada satu toko dan itu manghemat ongkir. Aiiiih senangnya belanja di shoope :-) 

Terhitung dua pekan lebih Aku komitmen terapi syukur dan berpikiran positif. Berasa ada banyak perubahan dalam diri yang Aku rasakan. Hatiku jadi lebih tenang, tidak gampang kesal dan su''udzon dengan orangHatiku jadi lebih plong, hilang sesak  dan Aku mulai mengurangi keluhan. Alhamdulillah Aku merasa menjadi orang yang beruntung dan bahagia. Seperti lirik lagu D'massive, “Syukuri apa yang ada, Hidup adalah anugerah, tetap jalani hidup ini, melakukan yang terbaik"

cayooooo :-) 





     Salam hangat,


You May Also Like

16 komentar

  1. Setujuh banget maakk...
    Alhamdulillah sudah membuktikan, bagaimana keadaan sebelum Dan setelah melakukan 4 tips diatas.
    Keren mak lanjutkan ��

    ReplyDelete
  2. Sepakat mba...

    Bersyukur itu nikmat yg tak tergantikan

    ReplyDelete
  3. Self reminder nih buat diriku untuk selalu bersyukur juga
    Kadang begitu banyak hal sederhana yang kita terlupa untuk mensyukurinya.

    Sehat-sehat ya Mbak Ayu


    ReplyDelete
  4. Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (Qs. Ibrahim: 7).

    Ayat di atas menjadi peganganku ketika dalam hati mulai tumbuh keluhan, merasa diri paling merana, dan sebagainya. Yah, terlalu banyak nikmat yang telah diberikan-Nya dan itu yang sering kita kurang syukuri. Semoga kita senantiasa menjadi hamba-hamba-Nya yang selalu bersyukur.

    ReplyDelete
  5. MasyaAllah.


    Terimakasih Mak, tulisan yang sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih mbak sudah mengingatkan. Means a lot, syukur menjadikan hati lapang

    ReplyDelete
  7. MasyaAllah diingatkan untuk selalu beryukur. Plus yakini apapun itu mau baik atau tidak sesuai dengan harapan kita tetap ucapkan alhamdulillah. Noted mbak thanks for sharing

    ReplyDelete
  8. Setuju mbak, makin bersyukur, maka rezeki makin berlimpah, rezeki sehat, rezeki ilmu, rezeki amal, dan rezeki tak terduga lainnya

    ReplyDelete
  9. Makasih remindernya Mbak. Mengingatkan untuk selalu bersyukur.

    ReplyDelete
  10. Setuju, bahagia itu dengan terus mensyukuri

    ReplyDelete
  11. Terapi yang sebenarnya sederhana tapi mengena ya, Mbak. Bersyukur itu memang menyembuhkan.
    Apalagi diterapkan pas bulan mulia seperti ini. Terima kasih sudah mengingatkan :)

    ReplyDelete
  12. Semakin kita bersyukur maka nikmat yang diberikan-Nya akan semakin ditambah. Semoga kita senantiasa berada dalam rasa syukur pada setiap keadaan.

    ReplyDelete
  13. Kapan hari aku belajar meditasi. Jadi tubuh kita dibawa ke kondisi suwoeng (hening). Tubuh kita ini kan sudah terlalu banyak diberi beban. Jadi secara rutin mesti dibawa dalam situasi hening. Saat hening, bisa kita isi dengan berdzikir, meminta maaf pada tubuh apabila ada bagian yang sakit karena bisa jadi kita selama ini mengabaikannya.

    ReplyDelete
  14. baca tulisan bergizi juga salah satu bentuk rezeki yang patut disyukuri kan..

    ReplyDelete
  15. Kadang sangkin sibuknya dengan urusan dunia kita jadi lupa bersyukur pada Allah. Makasih ya mbak sudah mengingatkan untuk selalu bersyukur. Semoga dede khadijah lekas sembuh ya

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Kunjungannya