4 PENGARUH NEGATIF MEDIA SOSIAL BAGI SEORANG IBU

by - May 13, 2017

Perkembangan sosial media yang begitu pesat menjadi ruang tanpa batas. Situs jejaring sosial seperti Facebook, twitter yang lainnya saat ini merupakan aplikasi teknologi yang sedang digemari semua kalangan apalagi wanita. Dengan situs jejaring ini seorang ibu dapat memperluas pertemanan baik secara kekerabatan maupun dengan masyarakat luas.  Bukan hanya dalam ruang lingkup lingkungan tempat tinggal saja tetapi dari berbagai macam kalangan, maupun status sosial. Hal ini tentu membuat keuntungagn tersendiri bagi seorang  ibu, yang sehari-hari hanya berada di rumah, dengan media sosial dapat menambah pertemanan, juga mendapat kan informasi dan dapat bergabung pada komunitas pemberdayaan diri secara online.

Disamping keuntungan yang didapatkan dari bersosial media, ada beberapa faktor yang mempengaruhi psikologis seorang ibu diantaranya :


1.       Postingan di media social dapat mempengaruhi mood seseorang dan menimbulkan rasa cemas. Saat ini berseliweran postingan-postingan negatif, tentu hal ini sangat mempengaruhi mood seseorang. Apalagi karakteristik wanita yang mudah terprovokasi.

2.       Postingan media sosial juga memunculkan rasa iri hati
Para penelti di Jerman menemukan bahwa, melihat keberhasilan teman melalui posting-an dapat memicu perasaan iri, menderita, dan kesepian. Mereka melakukan penelitian dengan mengamati 600 peserta yang menghabiskan waktu bermain media sosial, dan ditemukan bahwa satu dari tiga merasa tidak baik setelah itu.

3.       Media social menjauhkan orang-orang yang dekat anda di kehidupan sehari-hari
Seorang Ibu yang terjebak dalam media sosial memiliki kelemahan besar yaitu beresiko mengabaikan orang-orang di kehidupan sehari-harinya yaitu anak-anak dan suami. Jangan heran apabila anda lebih sering menghabiskan waktu berinteraksi di dunia maya, anda tidak akan fokus terhadap urusan rumah tangga dan mengabaikan perhatian terhadap anak-anak. Ditambah lagi dengan menggunakan teknologi smartphone/android  semakin memudahkan anda untuk mengakses internet.

4.       Mudah Emosioan dan cepat marah.
Saat anda sedang berselancar di dunai maya atau bersosial media, membalas komentar-komentar atau chat dengan beberapa teman, saat konsentrasi anda terganggu  akibat rengekan anak, anda cendrung untuk merespon negative dan menjadi emosional.


                Namun, dari semua media yang ada, selalu ada reaksi yang di timbulkan, baik negatif ataupun positif, alangkah lebih baiknya setiap kita bijak menggunakan social media, tanpa harus mengabaikan orang-orang di sekitar khususnya keluarga.

You May Also Like

1 komentar

  1. kalau aku lagi sedih, sebisa mungkin menghindari media sosial. Di media sosial tuh layaknya toko serba ada. Apa apa ada, jadi daripada daripada, mendingan istirahat dulu dari medsos

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Kunjungannya